TANTANGAN GURU MILENIAL DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN  JARAK JAUH DI ERA PANDEMI

SMP N 18 TEGAL – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan  Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 dari, Dalam Surat Edaran disebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

Dalam rangka mengimplementasikan SE Kemendikbud nomor 15 tahun 2020 ini, PB PGRI dan Mahir Academy Rumah Perubahan menyelenggarakan Webinar dan Workshop Berseri Online Self Driving For Teacher: “Guru Daring Milenial Indonesia” dari tanggal 2 – 20 Mei 2020.

Materi-materi yang disampaikan dalam webinar tersebut antara lain: Self Driving for Teacher, Pendidikan Jarak jauh, Digital Literacy, Mobile Learning, E-learning Design, Learning Management System, Online Evaluation, Virtual Calssroom, Edutainment dan masih banyak yang lain sangat menginspirasi dan menggugah daya kreativitas guru-guru di seluruh Indonesia. 

Sebagai guru tentulah semua ingin mencoba dan menerapkan contoh – contoh pembelajaran berbasis teknologi itu. Namun, kembali tersadar dengan kondisi riil di lapangan dengan minimnya sarana prasarana, ribetnya guru mengurusi administrasi membuat guru sibuk dengan tagihan administrasi yang menumpuk, sehingga kreativitas dalam pembelajaran menjadi tersendat. 

Masa Pandemi Covid-19 menjadikan guru maupun siswa mengubah segalanya. Tidak pernah dibayangkan bahwa pembelajaran akan benar-benar 100% berbasis IT. Kalau sebelumnya, keterbatasan kemampuan IT seorang guru tidak terlalu menjadi masalah, namun pada masa ini secara tiba-tiba banyak guru dituntut untuk segera menyesuaikan diri agar kegiatan pembelajaran tetap berjalan. Tak pandang bulu guru tua dan muda, bahkan guru yang menjelang purna pun dituntut untuk belajar IT. Guru yang yang semula masih mempertahankan pembelajaran konvensional dengan selalu menjelaskan di depan siswa dengan menggunakan papan tulis, saat ini dipaksa harus mengubah cara mengajarnya. Siswa yang selama ini masih dimaklumi atas keterbatasan sarana prasarana belajarnya yang  berupa laptop, handphone, dan akses internet, harus segera dicarikan solusinya.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah suatu keniscayaan, siswa dipantau. seberapa banyak siswa yang belum bisa aktif mengikuti pembelajaran, segera dicari informasi penyebabnya. Jika disebabkan karena motivasi belajar siswa yang kurang (sedikit malas), maka hal ini menjadi ranah guru BK untuk membangunkannya. Jika disebabkan karena kebosanan dengan metode mengajar guru, maka Guru IT di sekolah dengan intens mengadakan pelatihan daring bagi seluruh guru, agar semua dapat melaksanakan PJJ dengan kualitas yang semakin meningkat. Antar guru pun terjadi diskusi untuk saling berbagi ilmu serta bersama-sama memecahakn masalah yang dihadapi.

Jika disebabkan karena keterbatasan fasilitas dan kemampuan orangtua, siswa diberi bantuan handphone, meski sifatnya dipinjami.

Adanya workshop Guru Daring  Milenial yang diselenggarakan PB PGRI, merupakan salah satu program yang sangat membantu bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya, terutama agar tidak gagap dengan keadaan yang memaksa guru harus berlari dalam meningkatkan kualitas mengajarnya, terutama pembelajaran jarak jauh.

Selain kemampuan mengajar jarak – jauh, dalam workshop ini guru juga akan menemukan bagaimana seharusnya guru menghadapi siswanya yang merupakan generasi milenial. 

Tantangan guru saat ini tidak hanya pada masalah pengajaran, tetapi juga pada masalah pendidikan karakternya. Jika guru tidak banyak belajar, tentu akan kesulitan dalam memasukkan muatan pendidikan karakter siswa, terutama saat tidak bisa berinteraksi langsung dengan siswa.

Semoga dengan mengikuti  Webinar dan Workshop Berseri Online Self Driving For Teacher: “Guru Daring Milenial Indonesia”  ini, banyak inspirasi dan gagasan muncul untuk memperbaiki proses pembelajaran jarak jauh saat ini, terlebih dapat meningkatkan kualitas pendidikan pada masa yang mendatang. Semoga setelah pandemi Covid -19 ini berakhir, ada perubahan kebijakan tentang penyederhanaan administrasi pembelajaran, termasuk penilaian K13 dan juga laporan agar bisa fokus untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik agar lebih maksimal, ada waktu untuk meningkatkan keprofesionalannya di bidang IT.

Oleh : Fahruroji, M. Pd.

Kepala SMP Negeri 18 Kota Tegal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *